Light Articles. Read Now!

Table of Content

Revolusi Prancis: Sejarah dan 3 Tokohnya

Revolusi Prancis adalah peristiwa penting yang terjadi di Prancis antara tahun 1789 dan 1799, di mana rakyat Prancis memberontak terhadap kerajaan mon

Revolusi Prancis

Sejarah Revolusi Prancis

Revolusi Prancis adalah peristiwa penting yang terjadi di Prancis antara tahun 1789 dan 1799, di mana rakyat Prancis memberontak terhadap kerajaan monarki yang dikuasai oleh Raja Louis XVI. Revolusi ini memunculkan konsep-konsep baru mengenai hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan, dan demokrasi.

Tokoh Revolusi Prancis

Setelah kita mengenal sedikit lebih banyak mengena sejarah dari revolusi prancis ini, sekarang kita akan masuk dan berkenalan dengan 3 tokoh yang berperan pada kejadian Revolusi Prancis ini.

Beberapa tokoh penting dalam Revolusi Prancis

1. Maximilien Robespierre

Revolusi Prancis
Maximilien Robespierre

Seorang pemimpin revolusioner yang terkenal, juga dikenal sebagai "Penjaga Revolusi". Dia memainkan peran penting dalam memimpin Gerakan Jakobin selama Revolusi Prancis.

2. Louis XVI

revolusi prancis
Louis XVI

Raja Prancis terakhir sebelum Revolusi Prancis terjadi. Ia dihukum mati dengan guillotine pada tahun 1793.

3. Napoleon Bonaparte

Revolusi Prancis
Napoleon Bonaparte

Seorang jenderal yang kemudian menjadi Kaisar Prancis dan memimpin kebangkitan kekuasaan Prancis pasca-revolusi.

Contoh Tindakan Revolusi Prancis

Contoh tindakan revolusi yang dilakukan selama Revolusi Prancis antara lain adalah pembubaran monarki, pendirian Republik Prancis, penghapusan kekuasaan gereja, dan pemberlakuan hukuman mati dengan guillotine kepada orang-orang yang dianggap melawan revolusi. Revolusi ini juga menginspirasi perubahan politik dan sosial di seluruh Eropa dan dunia.

Demikianlah 3 tokoh dan sejarah singkat mengenai Revolusi Prancis. Semoga Tulisan ini bermanfaat. Terimakasih sebelum dan sesudahnya. 

Manusia biasa yang suka membaca, menulis dan berbagi

Posting Komentar